Sunday, 16 April 2017

Komunikasi Perkantoran : Pengertian Komunikasi Perkantoran, Jenis dan Fungsi Komunikasi Perkantoran, serta komunikasi yang efektif



Hai sahabat pembaca yang budiman, kali ini kita akan membahas mengenai materi komunikasi perkantoran atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai office communication. Tahukah sahabat apa yang dimaksud dengan komunikasi perkantoran, jenis, dan juga fungsi dari komunikasi perkantoran? Jika tidak, silahkan sahabat baca artikel dibawah ini supaya lebih jelas.
Pengertian Komunikasi Perkantoran
Sebelum menuju ke fungsi dan jenis dari komunikasi perrkantoran, akan lebih baik jika kita mengetahui pengertian dari komunikasi perkantoran terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan komunikasi perkantoran adalah komunikasi yang terjadi dan berlangsung dalam kantor. Jadi  pengertian dari komunikasi perkantoran adalah segala tindakan yang dilakukan oleh personel kantor baik individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok yang dilakukan di dalam lingkungan kantor. Tindakan tersebut harus berisi penyampaian informasi.
Jenis-Jenis Komunikasi Perkantoran
Setelah mengetahui pengertian dari komunikasi perkantoran, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis dari komunikasi perkantoran. Jenis komunikasi perkantoran ada dua, yaitu komunikasi secara lisan dan komunikasi secara tertulis. Komunikasi lisan yaitu komunikasi yang berupa percakapan langsung baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok. Artinya antara komunikan dan komunikator saling berbicara secara langsung untuk menyampaikan dan menerima informasi. Sedangkan komunikasi tertulis adalah segala bentuk komunikasi yang disampaikan dengan cara tertulis atau tidak secara langsung. Komunikasi tertulis dapat berupa surat, pengumuman tertulis, atau bisa juga berupa pemberitahuan yang tertulis. Kebanyakan komunikasi tertulis dibuat dengan diketik dengan mesin yang tersedia. Jika dibandingkan dengan tulisan tangan, pengetikan akan menghasilkan tulisan yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca.
Fungsi Komunikasi terhadap Administrasi Kantor
Terdapat empat fungsi komunikasi terhadap administrasi kantor. Diantaranya yaitu fungsi kontrol, fungsi motivasi, fungsi emosi dan fungsi informasi. Berikut penjelasan mengenai keempat fungsi tersebut.
1. fungsi kontrol yaitu fungsi komunikasi yang digunakan untuk mengontrol karyawan dengan menanyakan ulang deskripsi pekerjaannya, kepada siapa dia harus melaporkan kembali hasil pekerjaannya, dan hal-hal yang membutuhkan komunikasi dengan atasannya. Selain itu, komunikasi juga dapat mengontrol perilaku karyawan, misalnya jika salah satu karyawan bekerja terlalu lamban atau lelet, teman yang lain akan melakukan komunikasi atas dasar ketidak puasan mereka dengan kinerjanya, baik berupa menjauhi, atau mengejek secara langsung bahwa yang bersangkutan bekerja terlalu lambat.
2. fungsi motivasi, fungsi ini digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan cara memberikan dorongan untuk bekerja lebih giat.fungsi ini biasanya dilakukan melalui pemberian feedback atau umpan balik kepada bawahan mengenai apa yang telah mereka lakukan, sebaik apa mereka mengerjakannya, dan apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kinerjanya. Motivasi tersebut dapat berupa memberikan kata-kata yang dapat membangkitkan semangat kerja, pemberian insentif, pemberian tunjangan, memberikan bonus, memberikan upah lebih tinggi, memberikan kenaikan pangkat atau apapun yang dapat meningkatkan kinerja para pekerja.
3. fungsi emosi, salah satu tujuan bekerja adalah untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial. Salah satu bentuk interaksi tersebut adalah komunikasi dimana masing-masing anggota dapat menyampaikan emosinya, baik emosi positif maupun emosi yang negatif. Emosi yang negatif misalnya frustasi atau tidak puas dengan pekerjaan yang dikerjakannya, tidak puas dengan gaji yang diterima, tidak puas dengan pelayanan manajemen yang diberikan kepadanya atau hal-hal lain yang mengandung hal negatif bagi organisasi. Sedangkan emosi yang positif berarti penyampaian dari emosi yang membangun yang harus dikelola untuk kemajuan perusahaan, misalnya dengan kepuasan karena dilayani dengan baik dalam bekerja, diperhatikan oleh atasan, gaji yang mencukupi dan hal-hal lain yang mengandung hal positif bagi organisasi.
4. fungsi informasi, fungsi ini berhubungan dengan memperlancar pengambilan keputusan yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen. Dengan mentransfer data dan alternatif pilihan yang ada, individu atau organisasi akan lebih mudah dalam mengambil keputusan. Fungsi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh elemen kantor. Informasi yang diberikan sebaiknya harus berdasarkan fakta, transparan dan memberikan manfaat bagi pemberi dan juga penerima informasi.
Itulah penjelasan singkat mengenai materi komunikasi perkantoran. Untuk lebih jelasnya, harap untuk membaca lebih banyak buku referensi. Sekian penjelasan dari kami, semoga dapat memberikan manfaat serta barokah dalam hidup kita.

No comments:

Post a Comment